Bukan Udin Se-DUNIA

Sabtu, 03 Maret 2012 05.22 By Alfi Nisa

Jika teman penulis, sering banget mencantumkan statementny kang Jalaludin Rahmat pada tiap catatan pendeknya. Maka penulis juga punya kenalan, yg statemennya juga gak kalah sama kang Jalaludin Rahmat, namanya KH. Jamaludin Ahmat. Begini statement beliau;
“segala sesuatu yang membuat hati lupa kepada Allah, iku DUSO. Main sekak, main karambol, karo main HP, iku gawe ati gak eling karo gusti Allah. Mosok isok sekak’an trus ati sampean muni Allah…Allah…ngunu??”*

Nah, begitulah bunyinya. Ehm,,,,,penulis katakan bunyinya, karena memang penulis dapatkan statement itu dari MP3 ceramah beliau ketika mensyarah kitab Al Hikam.

Ya,,,sebuah statement yang sederhana, jelas dan berisi. Siapapun gak perlu memutar otak untuk tahu maksudnya. Kyai Jamal, menginginkan para jama’ahnya senantiasa mengingat Allah dalam setiap aktifitasnya. Menimbang2 apa2 sj aktifitas yg tergolong menjauhkan seseorang dari mengingat Allah.

Ternyata, topic pembahasan seperti di atas juga dijelaskan oleh Syekh taqiyuddin an Nabhani dlm kitab Nidhomul Islam bab Hadlarah Islam. Dalam kitab tersebut, beliau benar2 menjelaskan betapa pentingnya ruh dalam diri seorang muslim. Ruh yang dimaksud di sini adalah kesadaran manusia akan hubungannya dengan Allah SWT. Beliau mengingatkan bahwa setiap muslim harus senantiasa mengikatkan aktifitasnya dengan perintah dan larangan Allah. Senantiasa menyadari bahwa Allah melihat apa yg dilakukan olehnya.

Sebagaimana kitab Al Hikam yg mesti disyarah oleh orang2 yg kompeten, maka kitab karangan Syekh Taqiyuddin an Nabhani-pun butuh disyarah oleh orang2 yg kompeten juga. So,,,jika kitab2 tersebut anda inginkan untuk memenuhi isi kepala anda, tau sendirikan apa yg mesti pembaca lakukan. ^_^
Yuuuk……semangat NGAJI,,,,,NGaji,,,,dan Ngaji…..

Pesan saya satu: Jangan jadikan ngaji hanya sekedar sebagai sarana pemuas intelektual semata, tapi aplikasikan apa yang kita dapatkan, dalam kehidupan ini. OK!


artinya
* segala sesuatu yang membuat hati lupa kepada Allah, itu DOSA. Main catur, main karambol, dan main HP, itu aktifitas yang membuat hati melupakan Gusti Allah. Masak bias, main catur sambil hati mengucapkan Allah,,,Allah,,,,gitu?

0 komentar:

Posting Komentar